Kamis, 15 September 2011

(GoVlog-Ramadan) BBB I : BUKA Bukan Berarti Ifhthar

(GoVlog-Ramadan)

BBB I : Buka Bukan Berarti Ifthar
oleh Yanwar Abidin

Kejadiannya tahun 95-an saat kududuk di kelas tiga SD. Bulan Ramadhan adalah bulan paling bermomen dan special bagiku, kenapa tidak? aku yang agak sedikit susah makan jadi gak repot-tepot musti makan hahahahah LOL. Tapi jika menjelang maghrib waktu berbuka puasa jadi waktu-waktu yang paling genting ku tunggu. Kenapa demikian? Karena segala macam jajanan yang ku beli di sekolah, jalan, warung dekat rumah aku siapkan, saking banyaknya jajanan malah lauk pauk seperti rendang pernah lupa aku makan.

Saat itu waktunya masih 15 menit lagi menuju buka puasa. Almarhum ayah sedang mandi sore sepulang bekerja sedang aku tengah asyik menata dan menyiapkan ameka macam rupa dan warna jajanan yang kubeli tadi siang; mulai dari es CENDOL favorit aku, ciki-cikian, kueh dan lain-lain. Jadi jika adzan berkumandang langsung seruput dan LEUP makan deh.

Aku udah siap siaga 45 untuk berbuka, lama sekali rasanya menunggu 15 menit, gameboard tetris pun kumainkan karena zaman itu belum ada handphone atau PSP hehehe jadi maennya gameboard (gak tau nulisnya gimana). Pas lagi asyik-asyiknya maen game, Teteh aku yang paling tua menggedor-gedor kamar mandi, sambil berseru!

“Ayaaaaah cepetan BUKAAA ayaaaah! BUKAAAAAA !! BUKAAAA…..



Allhamdulillah buka juga akhirnya fikirku! Tanpa pikir panjang, aku langsung menyabet segelas CENDOL seraya berdoa dalam hati sambil menyeruput ganas “Allahumma Laka Shumtu wa bika Aaamantu……..GLEK GLEK GLEK!!” Segelas Cendol hamper raib…

Ayah muncul dibelakangku lalu menegurku, memangnya sudah buka ya dek??
Aku manggut-manggut gelas cendol masih kutenggak. Kuintip ayah dari gelas cendolku sedang cengengesan!

“ Kok cengengesan yah?? “ tanyaku heran melihat ayah cengengsan.

“ Loh emang bener udah adzan???” jawab ayah kembali betanya tidak yakin.



Udah tadi kan Teteh ngasih tau ayah dah buka! Ayahkan biasanya kalo buka masih di kamar mandi!
Tiba-tiba adzan mendayu-dayu berkumandang.

“ Tuh baru adzan dek!” kilah ayah menang.
“ Loh terus tadi???” pikirku aneh bin pusing.
“ Yah Ayyyyyyaaaaaaaah puasaku gimana doooooong batal dong ya yah?????” ringisku.
Ayah cengengesan dan ketawa sambil memanggil ibu. Ibu menghampiri ayah sambil membawa tajil ..

“ Buuu itu buuu si ucuuuu bu!! Hahah” (ucu: kependekan dari bungsu )
Aku bingung seribu serba salah dan menyesal…dan menggerutu

“Yaaah ayaaaah gimana doooong puasa adeeeeek! ”..
Teteh menyembul di antara kami dan menyusul dengan tawa puasnya karena aku mengira BUKA tadi itu adalah ifthar tapi maksudnya buka kamar mandinya karena si teteh sakit perut, dan menyuruh ayah untuk bergegas membuka pintu kamar mandinya.
Hups…

Ayah in memoriam…
Ya Allah kalau ingat kejadian itu, kangen sama almarhum ayah :). Terimalah dia disisi-Mu ya Rabb ampunilah dosanya, terimalah puasanya, tempatkanlah ia bersama orang-orang yang saleh dan berpuasa. #amien





bukti saya mengirim kicauan



bukti saya mengikuti @XL123 @VIVAvlog @VIVAnews





Tidak ada komentar:

Posting Komentar